Mengenal Seni Peran Teater Tradisional dan Melestarikan Budaya Bagi Generasi Milenial



Oke kali ini mimin akan membahas mengenai Seni Peran Teater Tradisional Bagi Generasi Milenial, di Generasi milenial semua hal atau semua aspek mulai berkembang, mulai dari fashion, dan gaya hidup juga hampir berubah dan berbeda dengan jaman dahulu. namun dengan perubahan tersebut jangan sampai kita lupa akan budaya bangsa kita yang kaya ini.

Dalam seni teater yang berkembang di negara kita tercita yaitu indonesia, banyak sekali pengelompokan jenis teater berdasarkan ciri-ciri fungsi dan bentuk penampilannya. namun secara tema atau pook penting seni teater dibagi menjadi dua istilah yaitu teater modern dan teater tradisional.

teater modern indonesia adalah jenis teater yang berkembang saat ini yang dipengaruhi dan menggunakan kaidah-kaidah estetika dan pola-pola pementasan teater modern Barat ( Eropa dan Amerika ). sedangkan teater Tradisional Indonesia adalah jenis teater yang berkembang di berbagai suku Bangsa yang ada di Indonesia dengan menggunakan kaidah dan pola pementasan yang bersumber dari esterika asli budaya Indonesiaa.

yang perlu kalian ketahui untuk menjadi seorang pemain teater tradisional perlu memahami seni peran.Pemain dilatih manjadi tokoh dan karakter sesuai dengan yang diperankan. 

Pembahasan Karakteristik Teater Tradisional

pembahasan kali ini adalah bertujuan untuk mengenalkan kembali budaya asli indonesia kepada generasi milenial selain itu juga untuk lebih menyadari akan kekayaan, keunikan, serta kehebatan dan kecerdasan budaya bangsa kita tercita indonesia terutama dalam seni teater tradisional.Bila kalian sudah tau bagaimana cara melestarikannya, bahkan dapat menjadikan kalian sebuah inspirasi bagi teman-teman dan juga keluarga kalian dan dapat membuat sebuah karya dan kreasi baru mengenai teater tradisional maupun teater masa kini.

sebelum melanjutkan pembahasan , tau ngga sih apa teater tradisional itu ??

Teater tradisional adalah  adalah suatu bentuk teater yang lahir dan tumbuh serta berkembang di suatu daerah dan juga salah satu hasil kreativitas kebersamaan suku bangsa indonesia. Teater yang menjadi biji dari budaya daerah setempat dan dikenal oleh masyarakat lingkungannya.

Pertunjukan dilakukan dengan dasar tata cara dan pola yang diikuti secara tradisional atau turun temurun dari pengalaman pentas generasi tua Pendahulu dialihkan atau di lanjutkan ke generasi muda atau (generasi milenial ) dan mengikuti serta setia kepada pakem atau peraturan yang sudah ada.

Pementasan teater tradisional biasanya dilakukan di alam terbuka atau di pendopo yang penontonnya dari berbagai sisi yang terbuka secara umum. Buat kalian yang membaca artikel ini, ayo kita selaku generasi penerus bangsa mari kembangkan dan lestarikan bersama-sama budaya negara tercinta kita supaya tidak punah ditelan jaman.

Peran kita Selaku Generasi Milenial adalah Untuk Melestarikan Budaya Indonesia

yang namanya budaya ialah kekayaan yang mesti dijaga keaslian serta keindahannya. budaya hampir dimiliki oleh setiap daerah dan merupakan warisan dari nenek moyang yang bersifat turun-temurun. oleh karena itu kita harus menjaga dan melestarikannya sepenuh hati. adapaun beberapa cara agar kita dapat melestarikan budaya kita yaitu sebagai berikut :

1. Mau Mempelajari Budaya Tersebut

Dengan mempelajari budaya yang sudah di lestarikan oleh nenek moyang kita, itu adalah salah satu cara agar budaya bangsa kita tidak punah yaitu dengan cara mempelajari kembali dengan cara mengasah atau  sekedar mengetahui tentang sejarah ataupun bisa meng aplikasikannya itu jauh lebih baik, yang penting kita selaku generasi penerus bangsa tidak melupakan budaya yang sudah ada.

2.  Ikut Berpartisipasi Bila Ada Kegiatan  kesenian

Misalnya adanya pameran ataupun perlombaan tentang tarian atau teater tradisional, kita bisa mengikutinya. Dengan tujuan kita bukan untuk meraih juaranya, tetapi yang di utamakan adalah kita bisa melestarikan budaya dan juga mengembangkan agar tidak punah di telan jaman, masalah juara dan tidak itu adalah bonus dari hasil kerja keras kita, jika kita betul-betul maksimal berarti kita akan menjadi yang terbaik dan itu merupakan hasil dari proses yang sungguh-sungguh.

3. Mencintai Budaya Sendiri Tanpa Merendahkan Budaya yang Lain

Kita hidup di dunia ini diciptakan sangat beragam , oleh karena itu kita harus bisa menghargai satu sama lain jangan membeda bedakan.

 baca juga : ' Direndahkan orang lain ? jangan membalas!!! lakukan hal ini '

dengan rukun dan akur pasti budaya kita akan tetap lestari dan akan bertahan serta terjaga ke originalannya atau keasliannya. Oleh karena itu daripada saling merendahkan atau saling menyombongkan budaya, alangkah baiknya di era milenial ini kita harus bisa berkolaborasi dan menyatukan agar lebih lestari dan kerukunan terjaga.

4. Mempraktikan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Agar kita tidak lupa dengan budaya kita, kita harusnya bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari minimalnya budaya berbahasa daerah. dengan begitu budaya dapat terjaga dengan baik dan terjaga keutuhannya.

5.  Menghilangkan Perasaan Gengsi atau Malu

kita harus sadar, dengan adanya rasa gengsi atau malu pasti budaya kita akan berkurang bahkan bisa saja menghilang. Tetapi mulai dari sekarang hilangkan rasa tersebut, ajarkan atau share kepada generasi-generasi atau adik-adik kalian supaya budaya tidak hilang seiring berjalannya waktu. Kita selaku generasi milenial harus bisa menjaga dan melestarikan budaya yang sudah ada.

0 Response to "Mengenal Seni Peran Teater Tradisional dan Melestarikan Budaya Bagi Generasi Milenial"

Post a Comment

▪Sesuai Artikel Diatas Yang Diposting ✔
▪Tanpa Mengandung Unsur Kebencian ✔
▪Dilarang Spam Dan Meninggalkan Link Aktif ✔
▪Menggunakan Bahasa Yang Mudah Dipahami ✔
▪Sopan ✔

Terima Kasih Telah Berkunjung dan Berkomentar, Semua Jenis Komentar Akan Masuk Dalam Mode Moderasi Dahulu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

SPONSORED